Halaman

Kamis, 18 Oktober 2012

Alat Musik Tradisional Kalimantan Timur



A.      MusikKolektif

a.       Musik Gamelan Banjar

Musik gamelan BanjarinisebagaimusikpengiringtariKlasikBanjar yang terdiridariBabun (gendang), SarunSatu, SarunDua, Dawu, Kenung, Gung Satu, Gung DuadanKangsi. SelainmenggiringtariKlasikBanjar, berfungsi pula menggiringpergelaranWayangKulitBanjar, Wayang Gung, kudagipangCarita, TeaterTantayungandanBasisingaan.


b.      Musik Panting

Musik Panting adalahmusiktradisionaldarisukuBanjar di Kalimantan Selatan.DisebutmusikPantingkarenadidominasi oleh alat-alat yang berrbentuk seperti jenis gambus seperti bentuk panting.
Padaawalnyamusik Panting berasaldaridaerahTapin, Kalimantan Selatan.Panting merupakanalatmusik yang dipetik yang berbentuksepertigambus Arab tetapimemiliki ukuran yang berbeda ukurannya pun lebih kecil.Padawaktudulumusik panting hanyadimainkansecaraperoranganatausecara tunggal .Karenasemakinmajunyaperkembanganzamandanmusik Panting akanlebihmenarikjikadimainkandenganbeberapaalatmusiklainnya,sepertibabun, gong,danbioladanpemainnyajugaterdiridaribeberapa orang.
Namamusik panting berasaldarinamaalatmusikitusendiri, karenapadamusik Panting yang terkenalalatmusiknyadan yang sangatberperanadalah Panting, sehinggamusiktersebutdinamaimusik panting. Orang yang pertama kali memberinamasebagaimusik Panting adalah A. Sarbaini. Dan sampaisekaranginimusikPantingterkenalsebagaimusiktradisional yang berasaldari Kalimantan Selatan.

c.       MusikHilai/Kungkurung

               Alat musik ini terdiri dari 7 bambu yang d buat runcing dan di bawahnya di buat alat getar suara.



d.      MusikKintung

              MusikKintungterbuatdari 5 Bambu (BahasaBanjar Paring, Buluh, Bumbung) yang dipotongpendekdandibelahsetengah yang menghasilkan/mengeluarkan  5 nada besar.

e.     MusikSulingBambu
Musiksulinginidimainkansecaraimrovisasi, terdiridari piston 2 buahdanpengiring 9 buahsulingdtambahdengangendang, tumbur, tok-tokdanpengiringlainnya.

f.    MusikBamban

             MengapdisebutmusikBambankarenamusikinilahirDidesaBamban, KabupatenHulu Sungai Selatan, Kandangan.Berfungsiuntukmengarakpengantindanhiburan.




B.Musik Tunggal
            

Selainmusikkolektif di Kalimantan Selatan masihada yang terpisahyaitumusiktunggalyaitu  :

a.       MusikKuriding

Kuridingadalahsebuahalatmusikkhas Kalimantan Selatan.KuridingdimainkanolehsenimandarietnisBakumpaimaupunBanjar.Kuridingdibuatdarienauataukayumiripulin yang hanyaada di daerahMuaraTeweh, Barito Utara.Cara memainkanKuridingadalahtangankirimemegangtalipendekmelingkar yang menahanbilahkayuitu agar menempelkan di mulut.Tangankananmenarik-nariktalipanjang yang diikatpadaujungbilahsebelahnya.Terdengarsepertisuaraanginmenderu-deru, diiringibunyimenghentak-hentakberiramateratur.

DeruanginitumunculdaritiupanmulutpemainKuriding, sedangkanbunyimenghentak-hentakdaritarikantangankanan…AlatmusikKuridingdiketahuimelaluilaguAmpat Lima yang salahsatuliriknyaadalah "ampatsiampat lima kaai, Kuridingpatah,.." tapijarangada yang melihatbentukalatituapalagi orang memainkannya.

Tangankirinyamemegangtalipendekmelingkar yang menahanbilahkayuitu agar menempelkan di mulut.Tangankanannyamenarik-nariktalipanjang yang diikatpadaujungbilahsebelahnya.Terdengarsepertisuaraanginmenderu-deru, diiringibunyimenghentak-hentakberiramateratur.
AlatmusikKuridingdiketahuimelaluilagu “ampat lima adingaiKuridingpatah,..” tapijarangada yang melihatbentukalatituapalagi orang memainkannya. SayangnyapenampilanpemainKuridingdariNgaju Kantor, Marabahanituhanyasejenaksaja.Raminah, salahseorangpemainKuridingditemui di belakangpanggung, menceritakaniasudah 15 tahunmenjadipemainKuriding.


b.      MusikKalangkupak/SalungBabu
         

Musikinidibuatdari bamboo kecil tipis yang separuhnyadipangkasmemanjangagakmeruncingdisebut “PariangTamiang” bentuknyasepertiAngklung.

c.       MusikSarunai
         MusikiniterbuatdariBambuatauKayuSepertiSulingterompetnamunpendek, terdiridariempatbagianyaitumulut, sekatbibir, badan (batang) dancorong yang satusamalainnyabisadilepasdandipasangkembali. Berfungsisebagaialatmusikpertunjukanpuncaksilat.Disuku Bukit/Dayakberfungsisebagaipengiringmusikupacaraadat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar